belajar

Desember 24, 2010

Wisata Hemat Singapura


Singapura adalah kota tujuan perjalanan yang terkenal, mendorong kepentingannya dalam industri pariwisata negara itu. Banyak objek wisata yang dapat dikunjungi di Singapura. Mulai dari wisata kuliner, museum, tempat peribadatan, dan  tempat-tempat menarik lainnya. 

Singapura termasuk tempat wisata favorit bagi para backpacker, karena selain banyaknya objek wisata yang menarik juga banyak pilihan penginapan dari yang murah (hostel-hotel) hingga yang mahal (hotel berkelas). Selain itu transportasi di negeri singa ini dirasa cukup nyaman dan tidak membingungkan.

PERSIAPAN KEBERANGKATAN

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya untuk mencari tiket dari jauh hari agar harga tiket tidak terlalu mahal. Selain itu kita harus memilih penginapan dan tujuan wisata terlebih dahulu agar bisa kita persiapkan sebelum keberangkatan yang dapat disesuaikan dengan budget, seperti booking penginapan dan membeli tiket-tiket wisata.

Singapura memiliki iklim tropik khatulistiwa tanpa musim yang nyata berbeda, kesamaan suhu, kelembapan tinggi, dan curah hujan yang melimpah. Suhu berkisar antara 22 hingga 34 °C, sehingga ada baiknya untuk membawa topi dan payung agar perjalanan terasa lebih nyaman.

TRANSPORTASI (CHANGI > PENGINAPAN > WISATA)

Dari Bandara Changi menuju penginapan bisa menggunakan beberapa alternatif, yaitu dengan MRT, Bus, atau Taxi (Maxicab). Untuk memperkecil biaya transportasi kita bisa membeli Ez-link Card atau STP (Singapore Tourist Pass). Ez-link card merupakan tiket untuk membayar MRT atau Bus dengan cara men-tap kartu pada alat yang telat disediakan sebelum masuk MRT atau alat yang ada di dalam Bus. Ez-link card dapat diisi ulang seperti voucher, dan akan berkurang sesuai dengan panjang perjalanan yang di tempuh. Penggunaan Ez-link card akan lebih menguntungkan, karna tarif yang dikenakan lebih murah dibandingkan dengan membayar cash. STP adalah kartu yang disediakan bagi para turis guna memudahkan perjalanan karna kartu ini hanya perlu membayar S$8/harinya dengan deposit S$10 (akan dikembalikan setelah 5 hari dari hari pertama) dan kita bebas untuk turun/naik MRT/LRT dan Bus tanpa perlu melakukan pembayaran lagi. Sedangkan Maxicab merupakan taxi yang beroperasi dari Changi menuju hotel-hotel yang ada di Singapura (kecuali pulau Sentosa). Biaya dari maxicab ini yaitu S$7 untuk dewasa dan S$5 untuk anak dibawah 12 Tahun.

Selain itu, untuk menuju objek-objek wisata singapura, kita bisa menggunakan SIA Hop-on,yaitu bus khusus yang dapat mengelilingi Singapura sepanjang hari. Kelebihan dari transport ini kita dapat turun dimana saja, asal dalam waktu yang telah di tentukan. Tarif dari bus ini yaitu S$8.




OBJEK WISATA SINGAPURA


Banyak pilihan objek wisata menarik di Singapura, antara lain :


    SINGAPORE FLYER
    Merupakan salah satu bianglala tertinggi dengan pemandangan indah 360 derajat. Harga tiket normal Singapore Flyer ini S$29,5 yang dapat dinikmati selama 30 menit.

    Cara Tempuh :
    perhentian bus terdekat di Opp The Ritz-Carlton (Bus yg melewati bus No. 857, 700A, 518A, 518, 502A, 502, 162M, 133M, 133, 111,  106, 97E, 97, 70M, 36).

    SINGAPORE RIVER CRUISE
    Perahu yang mengajak kita menyusuri sungai Singapura untuk melihat pemandangan indah. Singapore River Cruise ini memberi 2 pilihan yaitu : The Tale of 2 Quays : Boat Quay, Clarke Quay, Marina Bay (S$15 dewasa dan S$10 anak-anak) dan The Tale of 3 QuaysBoat Quay, Clarke Quay, Robertson Quay, Marina Bay (S$20 dewasa dan S$10 anak-anak)

    MERLION
    Patung Merlion ini adalah simbol dari Singapura. Di tempat ini banyak objek menarik yang bisa di foto sebagai kenang-kenangan. karena spot nya yg bagus, sehingga kita bisa mengarahkan foto patung ini menghadap esplanade atau gedung-gedung pencakar lainnya.



    LITTLE INDIA
    Little India merupakan daerah masyarakat India Singapura. Kawasan ini berlipah dengan perhiasan etnik, rangkaian melati serta sari sutra. beberapa tempat belanja disini seperti Tekka Centre, Little India Arcade, Mustafa Centre, dan toko-toko kelontong kecil. Selain itu, kawasan inipun memiliki tempat peribadatan dengan desain yang unik, seperti Sri Veeramarikariamman Temple, Abdul Ghafoor Mosque.


    CHINA TOWN
    Chinatown merupakan salah satu kawasan budaya yang ‘wajib dilihat’ pengunjung yang datang ke negeri ini. Sejarahnya setua dengan sejarah Singapura sendiri, dan meskipun banyak pembangunan yang terjadi di tahun-tahun terakhir ini, tetap merupakan sebuah tempat yang mempesona dan menarik untuk meluangkan hari. Jantung Chinatown adalah tempat yang riuh, paduan semarak dari yang baru dan yang lama, mulai dari toko emas dan toko obat usaha keluarga, sampai toko kain dan restoran dim sum. Dan jangan lupa toko roti seperti Tong Heng Oriental Pastry di South Bridge Road, kedai teh seperti Kwong Chen di Smith Street, gerai makanan jalanan, hotel-hotel butik seperti New Majestic dan Scarlet, serta bar-bar penuh gaya di sepanjang Club Street.


    BUGIS
    Buat yang mau belanja oleh-oleh juga wajib mengunjungi tempat ini. Begitu memasuki area ini, berbagai barang langsung menggoda mata kita untuk meliriknya. Mulai dari santapan buah-buahan segar yang dijus maupun yang masih tersaji utuh, bisa didapatkan di bagian ujung masuk dan keluar dari pasar ini. Makin masuk ke dalam, giliran berbagai souvenir menggoda kocek kantong kita. Selain tempatnya yang unik, di bugis junction juga banyak souvenir khas Singapura lainnya, seperti gantungan kunci, zippo, atau jam tangan yang dicetak dengan bentuk Merlion, patung singa bertubuh ikan khas Singapura. Aneka tas atau baju berbagai model juga bisa didapatkan di tempat ini. Uniknya, bahkan ada sebuah Sex Store yang buka di tempat ini.

    SENTOSA ISLAND

    1. Universal Studio Singapore
    Universal Studio ini berada dikawasan Resort World Sentosa. Tempat ini buka dari pukul 09.00 - 18.00. Universal Studios Singapura dibagi menjadi 7 zona, Madagascar, Istana Far Far Away dari dunia Shrek adalah yang pertama di dunia, The Lost World tempat di mana anda bisa menemukan dunia Dinosaurus dan Waterworld, Ancient Egypt – sebuah dunia mesir kuno yang penuh mumi, Sci-Fi – sebuah kota futuristik dan dua zona terakhir mengambil tema kota yang terkenal di Amerika yaitu Hollywood dan New York, sehingga setiap melangkahkan kaki di berbagai zona, kita akan merasakan nuansa yang berbeda.

    Tiket Masuk :
    - Senin s/d Jumat : S$48 (anak-anak), S$66 (dewasa), S$32 (manula)
    - Sabtu s/d Minggu (hari libur) : S$52 (anak-anak), S$72 (dewasa), S$36 (manula) 

    2. Song of The Sea
    song of the sea merupakan pertunjukan air mancur 4D dengan tambahan cahaya yang menarik. Pertunjukan ini buka pukul 19.40 dan 20.40. Harga tiket pertunjukan inipun cukup murah yaitu S$6/orang. 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar